Jumat, 08 Juni 2012

PETA


PETA
A.    Pengertian Peta
Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui system proyeksi. Peta mulai ada dan digunakan manusia sejak manusia melakukan penjelajahan dan penelitian. Ilmu yang membahas mengenai peta disebut kartografi. Sedangkan orang yang ahli membuat peta disebut kartografer.

B.     Pengertian Globe
Globe adalah gambaran permukaan bumi pada sebuah tiruan bola bumi. Informasi geografis yang didapatkan dari globe antara lain:
1.     Menunjukkan bentuk bumi yang sesungguhnya.
2.     Menirukan rotasi bumi.
3.     Menunjukkan garis lntang dan garis bujur.
4.     Menunjukkan kemiringan sumbu bumi.

C.     Pengertian atlas
Merupakan kumpulan peta yang di bukukan. Dapat menginformasikan kenampakan  umum, lokasi, jarak, arah dan ketinggian tempat.

D.    Komponen komponen peta
-         Judul peta
Judul peta memuat isi peta. Biasanya diletakkan di bagian tengah atas peta.
-         Skala peta
Merupakan cirri yang membedakan peta dengan gambar lain. Skala peta sangat erat kaitannya dengan data yang disajikan.
-         Legenda/ keterangan peta
Legenda juga merupakan komponen penting pada peta. Karena apabila terdapat peta tanpa legenda, keterangan petanya sulit untuk dibaca. Legenda menerangkan simol symbol yang terdapat dip eta.
-         Petunjuk arah
Guna petunjuk arah untuk menunjukkan arah utara, selatan, timur dan barat. tanda  orientasi biasanya berbentuk tanda panah yang menunjuk ke arah utara .
-         Symbol dan warna
-         Symbol peta
Gunanya agar informasi yang di sampaikan tidak membingungkan . symbol symbol dalam peta harus memenuhi syarat. Syarat syarat tersebut adalah: sederhana , mudah di  mengerti , dan bersifat umum.
-         Sumber dan tahun pembuatan peta
Sumber memberi kepastian kepada pembaca peta bahwa peta tersebut bukan hasil rekaan dan dapat dipercaya. Selain sumber, tahun pembuatan juga perlu diperhatikan. Pembaca peta dapat mengetahui bahwa peta itu masih cocok atau tidak untuk digunakan pada masa sekarang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar